Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly (ketiga dan kelima kanan), berfoto bersama kader PDI Perjuangan saat berlangsungnya konferensi cabang serentak PDIP se-Sumut, di Hotel Danau Toba Internasional Medan, Sabtu (13/7/2019).
(parlindungan sibuea)
Sabtu, 13 Jul 2019 14:46 WIB  •  Dilihat 963 kali  •  http://www.mdn.biz.id/o/80548/
Ada Bupati Sergai Soekirman di Konfercab PDIP, Minta Dukungan Pilkada? 
Medanbisnisdaily.com - Medan. Ada Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, duduk di barisan kursi terdepan di Konferensi Cabang Serentak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Zona I, di Hotel Danau Toba Internasional, Jalan Imam Bonjol, Medan, Sabtu (13/7/2019). Satu barisan kursi duduk berdekatan dengannya terdapat sejumlah petinggi PDIP, yakni anggota DPR Sofyan Tan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, anggota DPR Junimart Girsang, anggota DPR Erico Sotarduga dan Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.

Layaknya kader PDIP, Soekirman mengenakan kemeja berwarna merah. Namun tak sepenuhnya merah, ada kotak-kotak. Dengan Sofyan Tan yang duduk persis di sebelah kanannya, keduanya berbincang serius saat pembukaan konfercab oleh Djarot dilakukan.

Dengan senyum simpul dan tidak berkata tegas, mantan kader PAN ini menyambut medanbisnisdaily.com saat bertanya soal status keanggotaannya di partai politik berwarna biru berlambang matahari yang pernah dipimpinnya.

"He..he..he...," ucapnya.

Tak dibantahnya jika kehadirannya di konfercab 10 DPC partai berlambang banteng moncong putih tersebut berkaitan dengan rencana pencalonan dirinya menjadi Bupati Serdang Bedagai untuk periode kedua pada Pilkada Serentak 2020.

"Insya Allah...," jawabnya singkat.

Jelasnya, agar memenuhi syarat pencalonan bupati dari jalur partai, dia tidak bisa cuma mengandalkan PDIP. Karena partai banteng hanya memiliki 6 kursi di DPRD. Dibutuhkan tiga lagi supaya menjadi sembilan sebagaimana disyaratkan.

Alternatif lain agar mencukupi, salah satunya adalah Nasdem yang juga memiliki 6 kursi. "Kalau Nasdem ikut pasti berlebih, enam tambah enam kan dua belas. Berlebih tiga," tegas Sukirman.

Karena sebelumnya dia merupakan pegiat pemberdayaan masyarakat di lembaga swadaya masyarakat (BITRA), Soekirman memiliki kedekatan dengan kader-kader "elit" PDIP. Salah satunya adalah Sofyan Tan.

Dengan Nasdem, pintu baginya untuk merapat terbuka lebar. Anaknya, Dimas Tri Adji, adalah anggota DPRD Sumut terpilih yang berasal dari partai besutan Surya Paloh tersebut.

Reporter
PARLINDUNGAN SIBUEA
Editor
SASLI PRANOTO SIMARMATA
Reaksi Anda
Senang
12.71%
Bangga
10.59%
Lucu
18.64%
Terkejut
12.29%
Sedih
18.22%
Takut
15.68%
Marah
11.86%
 
Berita Terkait
Fokus Berita
Komentar Anda