Dua WN Cina saat diinterogasi Kepala Kantor Imigrasi Belawan, Samuel Toba saat diamankan di kantor tersebut Jalan Serma Hanafiah, Belawan.
(chairul anwar)
Kamis, 07 Nov 2019 10:38 WIB  •  Dilihat 296 kali  •  http://www.mdn.biz.id/o/91896/
Pakai Visa Turis Tapi Kerja di Penangkaran Walet, 2 WN Cina Diamankan
Medanbisnisdaily.com - Belawan. Kantor Imigrasi Klas II Belawan, Kota Medan mengamankan dua Warga Negara Cina karena keduanya diduga menyalahi izin tinggal. Kepala Kantor Imigrasi Klas II Belawan, Samuel Toba kepada medanbisnisdaily.com, Kamis (7/11/2019), mengatakan, kedua warga asing yang diamankan, yakni Ma Yuebing (25) dan Lin Changgeng (32). Mereka menggunakan visa dan paspor turis atau melancong, tetapi bekerja di salah satu perusahaan bergerak di bidang penangkaran sarang burung walet di Jalan Teruno Joyo, Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang.

Dikatakan Samuel, penangkapan terhadap kedua WN Cina itu dilakukan atas monitoring Badan Intelejen Strategis akan aktivitas mereka di penangkaran sarang walet tersebut.

"Selama ini mereka bekerja di perusahaan penangkaran burung walet. Petugas Badan Intelijen Strategis memonitor aktivitas kedua warga asal Cina. Setelah dipastikan mereka bukan sebagai wisatawan, lalu dilaporkan ke Imigrasi Belawan," sebutnya

Selanjutnya, Ma Yuebing dan Lin Changgeng langsung diamankan oleh petugas, Imigrasi Belawan Kata Samuel didampingi Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Belawan, M Rio, keduanya masuk ke Indonesia secara terpisah. Ma Yuebing lebih dulu datang ke Indonesia, disusul Lin Changgeng. Selama di penangkaran sarang walet, mereka bekerja di bagian teknik mesin pendingin.

“Ma Yuebing masuk ke Indonesia dengan paspor pelancong, Kamis, 7 Oktober 2019. Kemudian disusul Lin Changgeng pada Rabu, 27 Oktober 2019. Mereka menggunakan paspor melancong untuk bekerja di penangkaran sarang walet di bagian teknik mesin,” ungkapnya.

Reporter
CHAIRUL ANWAR
Editor
SASLI PRANOTO SIMARMATA
Sumber: AirVisual.com
Reaksi Anda
Senang
17.95%
Bangga
12.82%
Lucu
12.82%
Terkejut
17.95%
Sedih
7.69%
Takut
17.95%
Marah
12.82%
 
Berita Terkait
Fokus Berita
Komentar Anda