Jumat, 08 Nov 2019 14:10 WIB  •  Dilihat 177 kali  •  http://www.mdn.biz.id/o/92032/
6 Tokoh Resmi Diberi Gelar Pahlawan Nasional: Kahar Mudzakkir-Ruhana Kuddus
Medanbisnisdaily.com-Jakarta.Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh Indonesia. Pemberian gelar itu diterima langsung oleh para ahli waris di Istana Negara.

Prosesi pemberian gelar Pahlawan Nasional itu berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019) pukul 13.30 WIB. Ada 6 tokoh dari berbagai wilayah di Indonesia yang mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Gelar tersebut diberikan Jokowi sesuai dengan Keppres Nomor 120/TK/Tahun 2019 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Gelar itu diterima oleh para ahli waris.

6 nama ini merupakan hasil seleksi dari 20 nama tokoh yang diajukan. Nama-nama tersebut kemudian diajukan ke Presiden, hingga dipilih enam nama pada 2019.

Acara ini dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Kesehatan dr Terawan, Mendagri Tito Karnavian, Mensesneg Pratikno hingga Jaksa Agung ST Burhanuddin. Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz, para pimpinan DPR dan pimpinan MPR. Kemudian hadir juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hingga Meutya Hatta.

Berikut ini nama penerima penganugerahan gelar Pahlawan Nasional 2018:

1. Ruhana Kuddus dari Sumatera Barat
2. Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yii Ko) dari Sulawesi Tenggara
3. Prof dr M Sardjito dari DI Yogyakarta
4. KH Abdul Kahar Mudzakkir dari DI Yogyakarta
5. A A Maramis dari Sulawesi Utara
6. KH Masjkur dari Jawa Timur
(dtc)

Editor
HISAR HASIBUAN
Sumber: AirVisual.com
Reaksi Anda
Senang
9.30%
Bangga
18.60%
Lucu
13.95%
Terkejut
13.95%
Sedih
13.95%
Takut
16.28%
Marah
13.95%
 
Berita Nasional Lainnya
Fokus Berita
Komentar Anda