Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Kadis Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan dalam suatu rapat beberapa bulan yang lalu.
(istimewa)
Jumat, 08 Nov 2019 20:21 WIB  •  Dilihat 213 kali  •  http://www.mdn.biz.id/o/92075/
Virus Hog Kolera Babi, Dinkes Sumut: Jangan Buang ke Sungai karena Bisa Picu Penyakit 
Medanbisnisdaily.com-Medan. Praktik membuang babi yang mati karena virus hog kolera ke sungai sebagaimana yang ditemukan di sejumlah aliran sungai di Medan dan sekitarnya, adalah sama artinya dengan menebar penyakit bagi masyarakat.

Sebab daging babi mati itu akan membusuk dan memicu virus penyakit bagi masyarakat. Sementara diketahui bahwa masih banyak masyarakat Medan dan sekitarnya yang mengonsumsi air sungai.

"Baik langsung dari penciuman dan maupun dengan mengonsumsi air tercemar karena babi busuk itu, adalah menebar penyakit bagi masyarakat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, kepada medanbisnisdaily.com, Jumat (8/11/2019).

Karena itu, Alwi Mujahit Hasibuan kembali mengimbau agar masyarakat tidak membuang babi yang mati karena virus hog kolera ke sungai. "Dan ini juga sudah tegas disampaikan Pak Gubernur Edy Rahmayadi kepada masyarakat, dan kami ingin kembali menegaskan pesan Pak Gubernur ini," ujar Alwi Mujahit.

Lalu apakah sudah ada masyarakat yang menjadi korban meninggal ataupun terserang penyakit karena virus hog kolera babi itu, Alwi Mujahit mengatakan pihaknya belum menemukan. "Laporan kepada dinas pun belum ada," ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyakit dari dampak virus hog kolera itu. "Tapi sejauh ini tidak ada korban manusia karena virus kolera babi ini," ujar Alwi.

Reporter
BENNY PASARIBU
Editor
RAMITA HARJA
Sumber: AirVisual.com
Reaksi Anda
Senang
13.58%
Bangga
12.35%
Lucu
11.11%
Terkejut
13.58%
Sedih
17.28%
Takut
18.52%
Marah
13.58%
 
Berita Terkait
3 jam yang lalu
Rabu, 13 Nov 2019 15:55 WIB
Fokus Berita
Komentar Anda