Kamis, 10 Jan 2013 07:16 WIB  •  Dibaca: 2,727 kali
Sejuta Warga Suriah Terancam Kelaparan
MedanBisnis - Damaskus. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melaporkan, sekira 1 juta warga Suriah terancam kelaparan karena kurangnya bantuan makanan. Hal tersebut terjadi karena Pemerintah Suriah seringkali menolak memberi izin masuk relawan kemanusiaan.
Program Bantuan Makanan PBB (WFP) hanya dapat memberikan persediaan makanan kepada 1,5 juta dari 2,5 juta warga Suriah yang mebutuhkan bantuan.

“Rekan kami di lapangan, Bulan Sabit Merah Suriah, memiliki jumlah petugas yang terbatas dan tidak dapat mencapai warga yang berada di pelosok–pelosok,” ujar Elisabeth Byrs, juru bicara WFP seperti dikutip Reuters, Rabu (9/1/2013).

Selain karena keterbatasan petugas, PBB juga dihadapkan oleh kurangnya bahan bakar yang diperlukan truk-truk yang membawa bantuan. Mereka pun harus mendapat izin untuk mengimpor bahan bakar.

“Kami saat ini kekurangan persediaan roti dan bahan bakar,  namun kami harap persoalan bahan bakar dapat segera diatasi setelah kami mendapat izin untuk mengimpor bahan bakar dari Lebanon,” terangnya.

Kurangnya bahan makanan di Suriah disebabkan oleh lumpuhnya industri roti di berbagai wilayah Suriah yang disebabkan oleh perang. Antrian panjang pun sering terlihat terjadi di toko-toko roti di kota-kota Suriah. (oz/reuters)
 
Berita Edisi Minggu Lainnya
Sabtu, 11 Mei 2013 06:56 WIB
Sabtu, 11 Mei 2013 06:33 WIB
Jumat, 11 Jan 2013 07:14 WIB