Sabtu, 24 Jan 2015 08:22 WIB  •  Dibaca: 680 kali
BKP Sumut Klaim Harga Bahan Pokok Stabil
MedanBisnis - Medan .Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Suyono mengklaim, hingga minggu kedua Januari 2015 dan memasuki minggu ketiga semua harga bahan pokok stabil, begitu juga ketersediaannya. Hal ini karena surplus yang cukup tinggi serta petani di Sumut juga baru memasuki musim panen.
"Contoh beras, kita masih memiliki surplus. Stok masih aman hingga 3 bulan yakni berkisar 1,8 ton beras. Ini berarti Sumut mampu memenuhi kebutuhan konsumsi penduduk meskipun tanpa adanya pemasukan beras baik dari impor maupun dari propinsi lainnya," ujarnya kepada MedanBisnis saat ditemui di ruangannya, di Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Jalan AH Nasution Medan, Jumat (23/1).

Disebutkannya, selain harga masih stabil, juga didukung oleh Kabupaten Batubara, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Langkat yang sedang panen besar. "Mudah-mudahan di Sumut masih aman, meskipun distribusinya kemana-mana, tetapi masih dianggap wajar. Begitu juga dengan harga telur, masih wajar kenaikannya karena untuk telur bebek harganya masih tergolong bisa ditoleransi, yakni masih sekitar Rp200 per butir," katanya.

Dikatakannya, sedangkan untuk kedelai, karena masih menjadi program pilot project BPTP Sumut, sehingga masih belum luas penanamannya, dan untuk kedelai ini masih kurang memenuhi kebutuhan Sumut dan selalu defisit. "Jadi, meskipun harga cukup tinggi, tetapi petani belum tertarik menanamnya. Padahal, kita memiliki kedelai jenis anjasmoro, kedelai ini paling bagus dan mampu menyaingi kedelai impor. Apalagi, saat ini difokuskan itu kepada 3 komoditas yakni padi, jagung dan kedelai (Pajale) untuk meningkatkan produksi dari program pemerintah lima komoditas. Tapi karena petani belum tertarik, mana mungkin dipaksa," ujarnya. (cw01)
 
Berita Terkait
Sabtu, 24 Jan 2015 08:22 WIB
Kamis, 07 Feb 2013 08:48 WIB