Sabtu, 29 Sep 2018 10:39 WIB  •  Dibaca: 2,110 kali
Hotel Karibia Ajak Mahasiswa Tanam Pohon Buah
MedanBisnis - Medan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, Hotel Karibia bersama dengan lembaga lainnya seperti Lions Club, Asosiasi Pengusaha Indonesia, Indocafe, Go River dan Kelompok Pecinta Alam Mahatala Nomensen mengajak masyarakat khususnya mahasiswa untuk mau bertanam pohon.
Owner Hotel Karibia, Lyly Zainab mengatakan, ide penanaman pohon buah muncul dari Martono, dari Apindo dengan mengajak sebanyak mungkin orang. Karenanya, penanaman pohon buah ini akan dilaksanakan setiap bulan sekali dengan tempat yang terus berpindah-pindah. Kegiatan penanaman ini sendiri merupakan yang kedua.

Kegiatan penanaman pohon buah pertama kali dilakukan satu bulan yang lalu di Monginsidi Square, sebuah tempat yang menyediakan menu vegetarian dengan konsep foodcourt dan disebut sebagai foodcourt vegetarian terbesar di Indonesia. "Iya ini kita laksanakan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dengan menanam pohon buah yang bisa dikonsumsi," katanya di Lapangan Universitas HKBP Nomensen, Jumat (28/9).

Pihaknya sengaja mengajak Kelompok Pecinta Alam Mahatala Nomensen karena menurutnya mahasiswa sangat antusias untuk kegiatan bertanam pohon buah. Sedangkan untuk kegiatan penanaman  pohon buah pada bulan depan, menurutnya akan dilaksanakan dengan Go River, yakni menanam pohon buah di pinggiran Sungai Deli.

Ketua Panitia  Aristar Sembiring mengatakan, Kelompok Pecinta Alam Mahatala selama ini sudah sering melakukan penanaman pohon dengan berbagai kelompok lainnya di berbagai tempat. Dengan terlibat dalam kegiatan ini, pihaknya mengajak mahasiswa lainnya untuk tutur membuat sejuk kampus tercintanya.
"Ada banyak pohon buah yang akan ditanam seperti jeruk, durian, duku, mangga, rambutan. Sepuluh batang akan ditanam di kampus ini, lainnya akan dibawakan kepada mahasiswa untuk ditanam di rumahnya atau di mana yang menurut mereka pas cocok ditanami," ungkapnya.

Humas Yayasan Akar Kreatif Indonesia (YAKI) Ari Apriani Sitorus, mengatakan lembaga tempatnya bernaung fokus dalam pengembangan pendidikan, budaya dan pariwisata. Namun pihaknya mendukung kegiatan penanaman pohon ini karena dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat.

Dalam kegiatan ini, YAKI mendukung dengan menyediakan website yang di dalamnya bisa menunjukkan pohon yang ditanam berdasarkan nama penanam, lokasi penanaman, pertumbuhan pohon yang ditanam sehingga memudahkan siapapun untuk melihat pohon yang ditanamnya. "Nanti penanaman pohon di sini bisa ditrack di website www.kotamedankotabuah.yakifoundation.org," ujarnya. (dewantoro )
 
Berita Terkait
Sabtu, 29 Sep 2018 10:39 WIB