Sabtu, 29 Sep 2018 10:40 WIB  •  Dibaca: 2,180 kali
Rektor Unimed Miliki Resep Meningkatkan Prestasi Belajar
MedanBisnis - Medan. Ada enam ‘resep’ untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Resep tersebut diungkapkan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syawal Gultom MPd pada acara Bimbingan Peningkatan Kualitas Layanan Mahasiswa IPK Di bawah 3.0 yang digelar Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) Unimed di VIP Serbaguna, Kamis (27/9).
"Meraih prestasi di perkuliahan merupakan dambaan setiap mahasiswa. Dibutuhkan kerja keras serta ketekunan untuk mencapainya. Keinginan meraih indeks prestasi tinggi juga dihadapkan pada tantangan berupa motivasi belajar yang fluktuatif dan kondisi sosial mahasiswa yang terkadang tidak mendukung," ujar Prof Syawal.

Menurut Prof Syawal, yang pertama mahasiswa harus mencari motivasi diri. Bisa dari agama, orang tua, atau keluarga. “Jadikan orang tua untuk motivasi, misalnya, niatkan untuk membahagiakan mereka,” terangnya.

Kedua, disebutkan Prof Syawal, adalah merubah jam belajar. Jam belajar minimal adalah 12 jam yang bisa dilakukan dengan belajar mandiri atau berkelompok. Jumlah tersebut sesuai dengan standar belajar yang ditetapkan di Unimed yang menerapkan KKNI. “Jika di kampus misalnya hanya lima jam, maka di rumah harus ditambah minimal tujuh jam belajar lagi,” sebutnya.

Ketiga, lanjutnya, adalah merubah gaya belajar. “Jika selama ini belajar sendiri, coba rubah dengan kelompok atau berdiskusi dengan teman,” ujarnya.

Kemudian keempat, dikatakan Prof Syawal, adalah merubah fasilitas belajar. “Fasilitas belajar bisa berupa menambah koleksi buku. Jangan pelit beli buku. Tidak ada rugi beli buku. Sumber belajar juga harus bervariasi. Ada jurnal yang gratis diakses di internet,” ungkap Prof Syawal.

Resep yang kelima adalah menetapkan target. “Tetapkan dulu target. Hari ini misalnya harus mengerti apa. Besok mengerti apa. Sering ketika target tidak ditetapkan, pembelajar terjebak pada hal-hal yang kurang penting dengan tujuan pembelajaran," ungkapnya.

Resep yang keenam untuk meningkatkan prestasi akademik, menurut Prof Syawal, adalah mencari hal positif yang menjadi kompensasi belajar. “Bisa dengan musik, olahraga, atau apa saja,” pungkasnya.

Kepala UPBK Unimed Prof Dr Abdul Munir MPd menyebutkan, UPBK Unimed sebagai lembaga yang memberikan layanan bimbingan konseling menerapkan strategi untuk meningkatkan indeks prestasi belajar mahasiswa. “Kita sudah menyusun strategi untuk menigkatkan prestasi mahasiswa. Salah satunya melalui acara kali ini,” ujarnya. 

“Langkah yang kita ambil yang pertama adalah mengumpulkan data masalah belajar mahasiswa IP rendah melalui alat ungkap masalah PTSDL dan inteligensi. Kemudian kita menganalisis data tersebut dan mempetakan permasalahan berdasarkan fakultasnya. Selanjutnya, menginformasikan kepada fakultas tentang masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa yang ber-IP dibawah 3.0 dalam belajar. Baru kemudian kita lakukan konseling kelompok melalui FGD dalam penanganan masalah tersebut,” tandas Prof Munir. (zahendra)
 
Berita Terkait
Rabu, 28 Nov 2018 11:16 WIB
Jumat, 22 Des 2017 08:31 WIB
Rabu, 02 Nov 2016 07:44 WIB
Rabu, 23 Mar 2016 07:24 WIB
Selasa, 26 Jan 2016 08:09 WIB
Sabtu, 24 Okt 2015 09:11 WIB
Selasa, 18 Agt 2015 11:05 WIB