Selasa, 26 Mar 2019 10:24 WIB  •  Dibaca: 1,703 kali
IDHKBA Promosikan Kota Medan dan Danau Toba
MedanBisnis - Medan. Indonesia Hong Kong Business Association (IDHKBA) Sumatera Utara (Sumut) melakukan serangkaian kegiatan untuk memperkenalkan Sumut terutama Kota Medan kepada para stakeholders bisnis yang ada di Hong Kong.
Kegiatan tersebut dikemas dalam paket perayaan Imlek bersama Hong Kong Economic and Trade Office (HKETO) yang digelar di Hotel Adi Mulia Medan, beberapa waktu lalu.

Hadir pada acara tersebut Direktur Jenderal Hong Kong Economic and Trade Office  untuk ASEAN Mr Lau Kin Wai dan segenap jajaran pejabat penting di antaranya dari Invest Hong Kong dan Hong Kong Development and Trade Council .

Direktur Jenderal HKETO Lau Kin Wai mengatakan, kegiatan ini merupakan yang pertama HKETO merayakan perayaan Imlek di Medan. Sebab, selama ini HKETO menggelar kegiatan serupa di Jakarta dan Surabaya.

Kegiatan perayaan Imlek bersama para stakeholder pengusaha Sumut menandakan pemerintah Hong Kong memandang Sumut semakin penting untuk dijadikan mitra dagang strategis, apalagi sejak terwujudnya penerbangan langsung Medan- Hong Kong.

Ketua IHKDBA Sumut Rusmin Lawin mengatakan, grand strategy skenario  memanfaatkan Hong Kong etalasi dan economic hub untuk menggarap sektor perdagangan, pariwisata dan investasi sudah memasuki tahap eksekusi, mengingat konektivitas Medan Hong Kong sudah terwujud.

“Ini merupakan bagian dari perjuangan panjang dan usaha IDHKBA Sumatera Utara mempromosikan potensi ekonomi Sumut di Hong Kong yang konsisten dilaksanakan sejak 2015 sehingga hari ini sudah mulai menampakkan hasil yang signifikan,” kata Rusmin Lawin.

Resepsi perayaan Imlek 2019 tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ir H Alwin Msi, Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba, Kwik Sam Ho yang mewakili Kadin Sumut, Regional Director Hong Kong Trade and Development Council untuk ASEAN Peter Wong dan Director HKTDC Indonesia KH Leung.

Promosikan Danau Toba

Kegiatan lain yang dilakukan IDHKBA Sumut mendorong dan mendukung Badan Otoritas Danau Toba (BODT) untuk tampil di Hong Kong International Film and TV Market (FILMART) pada tanggal 18-21 Maret 2019 yang baru lalu.
FILMART adalah ajang pameran bagi insan industri TV dan film yang datang dari mancanegara untuk memperkenalkan berbagai jenis genre film termasuk lokasi syuting film dan pencarian bakat.

Direktur Pemasaran BODT Basar Simanjuntak menyampaikan, walaupun ini pertama kali tampil di Hong Kong Filmart 2019, namun dia mengaku pihaknya sudah mendapat sambutan cukup positif dari beberapa stakeholder perfilman mancanegara.

“Kamu sudah mengadakan pembicaraan intensif dengan TVB Hong Kong untuk menggarap Danau Toba sebagai lokasi syuting serial film TVB,” ujarnya.
Ketua IDHKBA Sumatera Utara Rusmin Lawin mengapresiasi dan bersyukur atas respons positif insan perfilman mancanegara terutama dari Hong Kong dan negara Asia lainnya terhadap Danau Toba.

“Tugas kita adalah bersama–sama untuk terus mempromosikan bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta dan Bali, tetapi masih ada provinsi dan kota terbesar di luar Pulau Jawa yaitu Sumatera Utara dengan Kota Medan sebagai ibukota provinsinya dengan segala potensi ekonomi dan alamnya yang luar biasa,” kata Rusmin Lawin melalui siaran pers yang diterima MedanBisnis, Senin (25/3). (sarsin siregar/ril)
 
Berita Ekonomi Lainnya
Jumat, 29 Mar 2019 10:53 WIB
Jumat, 29 Mar 2019 10:52 WIB
Rabu, 27 Mar 2019 10:32 WIB
Selasa, 26 Mar 2019 10:24 WIB
Selasa, 26 Mar 2019 10:23 WIB
Senin, 25 Mar 2019 11:24 WIB