User ID Password  
Home   |   Tentang Kami   |   Pasang Iklan   |   Index Berita   |   Iklan Baris Gratis   |   Hubungi Kami Daftar Menjadi Member   |   Login
Membangun Indonesia yang Lebih Baik
 
Ex. JK
 
Berita Terkini Hari Ini
E-paper
Foto Berita
Kurs Valuta Asing
Mata Uang Beli Jual
USD 12,050.00 12,080.00
SGD 9,434.00 9,434.00
JPY 111.45 11,204.00
MYR 366,289.00 370,187.00
CNY 1,963.70 1,977.40
THB 37,002.00 37,454.00
HKD 1,552.80 1,557.65
EUR 15,237.25 15,300.55
AUD 10,525.75 110,577.35
GBP 19,307.75 19,381.25
Last update: 24 Okt 2014 09:00 WIB
Politik
Rabu, 10 Apr 2013 08:00 WIB - http://mdn.biz.id/n/22726/ - Dibaca: 516 kali
Hari Pertama, Belum Ada Parpol Serahkan DCS
PKS Masih Cari Caleg untuk Dapil-IX
MedanBisnis - Medan. Hari pertama penyerahan Daftar Calon Sementara (DCS), Selasa (9/4) kemarin, belum satu pun partai politik (parpol) yang datang menyerahkan DCS bakal calon anggota legislatif (bacaleg)-nya, baik ke KPU Medan maupun ke KPU Sumut. Bahkan, DPW PKS Sumut urung menyerahkannya karena belum lengkap.
Pantauan MedanBisnis di KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, hingga sore kemarin, belum ada parpol yang menyerahkan DCS-nya. Ini juga dipastikan anggota KPU Sumut Nurlela Djohan menjawab saat MedanBisnis.

"Belum ada hari ini (Parpol serahkan DCS-red). Begitu juga dengan bakal calon anggota DPD," kata Nurlela ketika ditemui di kantornya. Ia juga mengaku, belum ada mendapat pemberitahuan dari parpol tertentu kapan akan menyerahkan DCS-nya.

Menurut Nurlela, kecenderungan parpol memang akan memasukkan DCS-nya pada penghujung waktu pendaftaran yang akan berakhir pada 22 April yang akan datang. Karena itu, Nurlela mengimbau Parpol melengkapi syarat-syarat sebelum menyerahkan DCS-nya. "Kita pun lebih bagus nanti-nanti, kalau banyak yang kurang kita pun nggak mau nerimanya. Kalau kurang sedikit-sedikit, nanti bisa dilengkapi di masa perbaikan," jelasnya.

Sebelumnya, sempat dikabarkan DPW PKS akan menyerahkan DCS ke KPU di hari pertama penyerahan. Tapi sampai sore hari, tidak ada pengurus DPW PKS yang membawa DCS ke KPU Sumut. Ketua Pencalonan Legislatif DPW PKS Sumut Satria Yudha Wibowo menjelaskan, masih terdapat sedikit kekurangan dalam DCS PKS. Ia mengaku, mereka saat ini tengah melengkapi pemberkasan para caleg yang akan dimajukan pada pemilu 2014 sebelum diserahkan ke KPU Sumut. "Karena kita inginnya proses administrasinya lengkap. Jadi administrasi di kita aja," ujar Satria.

Ia mencontohkan, sedikit kendala dalam pemberkasan para caleg mereka seperti halnya legalisir ijazah khususnya caleg yang berasal dari daerah. "Karena kan caleg kita banyak yang dari daerah. Itulah yang masih kita tunggu dari mereka," jelasnya. Daftar caleg sementara PKS saat ini untuk DPRD Sumut diketahui belum terpenuhi 100% karena masih kurang untuk daerah pemilihan (dapil) IX yang meliputi Kabupaten Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Humbahas, Tobasa dan Samosir.

"Sudah 98. Kan nggak ada keharusan harus 100%. Sebetulnya secara peraturan kita sudah mendaftar ke KPU, tapi memang ingin kita lengkapi dulu baru diserahkan biar nggak bolak-balik," katanya. Terkait hal ini, Satria Yudha mengaku mereka telah berkoordinasi dengan DPP. "Kami sudah konsultasi ke DPP. Hasilnya tidak harus hari ini," tambahnya.

Golkar tak Ada Kendala
Sementara itu, Wakil Ketua DPD Golkar Sumut Chaidir Ritonga mengatakan, mereka akan menyerahkan DCS setelah bacaleg menyerahkan kembali berkas-berkas pencalegan kepada partai. "Tanggal 13 batas terakhir kader menyerahkan berkasnya ke partai. Setelah tanggal itulah kita serahkan DCS ke KPU, mungkin tanggal-tanggal 14-15," kata Chaidir. Ia menyebutkan, sejauh ini partai berlambang beringin ini tidak mengalami kendala yang berarti dalam pencalegan ini, termasuk soal keterwakilan perempuan. "Enggak ada masalah, pengalaman pemilu sebelumnya kita memenuhinya," sebutnya.

Ditanya tentang rencana politiknya pribadi, Wakil Ketua DPRD Sumut ini mengaku berencana tetap duduk di DPRD Sumut. "Untuk provinsi saja. Banyak teman-teman media, di partai yang mempertanyakannya. Tapi saya pikir ya biarlah satu periode lagi di sini mengabdi," kata menantu almarhum politisi Golkar Burhanuddin Napitupulu ini.

Tentang Irham Buana Nasution, mantan Ketua KPU Sumut yang akan maju menjadi caleg Senayan, Chaidir mengatakan Irham akan bertarung dari Dapil 1 DPR-RI. "Irham sejauh yang saya tahu Dapil 1, Medan, Deli Serdang, dan Sergai," katanya.

Di KPU MedanTidak beda di KPU Sumut, di KPU Medan juga serupa. Hari pertama, juga belum ada Parpol di Medan yang menyerahkan DCS. "Sampai sekarang, belum ada partai yang mendaftar. Kami sifatnya menunggu," kata Pokja Pencalonan KPU Medan, Rahmat Kartolo Sumanjuntak kepada MedanBisnis, Selasa (9/4), siang.

Rahmat mengatakan, kemungkinan penyebab belum adanya pendaftar di hari pertama, karena prinsip kehati-hatian parpol dalam menyusun daftar bacaleg. Sebab, daftar yang sudah diserahkan, tidak bisa diubah-ubah oleh parpol, baik nama dan nomor urutnya. Bacaleg hanya bisa berubaha jika KPU menyatakan kurang syarat dan harus diganti. "Kalau sudah masuk, tak bisa dirubah-ubah lagi oleh parpol," sebutnya.

Secara terpisah, pengamat politik dari USU, Taufan Damanik melihat kebiasaan parpol mendaftar menjelang waktu berakhir. Persoalan internal partai kerap mengganjal dalam menentukan siapa yang dimasukan dalam bacaleg. "Ada tarik menarik kepentingan di dalam. Dalam parpol, biasa ada faksi-faksi. Tiap faksi akan memperjuangkan kelompoknya," sebutnya.Ketentuan daftar yang sudah diserahkan tidak bisa dirubah lagi membuat "kursi" di parpol pada pencalonan, semakin tinggi nilainya. Sedangkan persaingan internal cukup ketat untuk mendapat kesempatan maju dalam pemilihan umum 2014 itu.

Ketua Verifikasi Pemberkasan Bacaleg DPD PKS Kota Medan Abdul Rahim mengatakan, rencana pendaftaran dilaksanakan di hari pertama. Namun karena adanya kendala dan masih harus dilengkapi, pendaftaran dijadwalkan hari ini. "Ya, rencananya memang hari ini, tapi ada kendala, mungkin besok (hari ini-red). Kita mau PKS yang mendaftar pertama," sebutnya.
Kendala dihadapi itu, terkait dengan syarat disampaikan oleh KPU mengenai kelengkapan berkas.

"KPU tidak mau menerima nama dan nomor urut saja. Harus lengkap syaratnya, makanya kami lengkapi secara keseluruhan," sebutnya dan mengatakan, DPD PKS Medan sudah menyiapkan 50 nama bacaleg untuk DPRD Medan.
Sebelumnya, ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumut, Ramses Simbolon sebelumnya mengatakan, rencana pendaftaran bacaleg ke KPU dilaksanakan 17 April 2013, serentak di Indonesia. (iskandar z siahaan, edward )
Iklan Baris Gratis Dilihat lebih dari 15,000 visitor setiap harinya Pasang
BERITA TERKAIT
KIRIM KOMENTAR
Silakan login terlebih dahulu untuk bisa memberikan komentar atau
klik daftar untuk menjadi member MedanBisnisDaily.com
KOMENTAR ANDA
Tidak ada komentar pada berita ini!
Partisipasi Menggunakan Facebook