User ID Password  
HOME   |   Tentang Kami   |   Pasang Iklan   |   Index Berita   |   Iklan Baris Gratis   |   Hubungi Kami Daftar Menjadi Member   |   Login
Membangun Indonesia yang Lebih Baik
 
 
Berita Terkini Hari Ini
BERITA TERKINI SELENGKAPNYA
E-paper
Foto Berita
Efek Pencetak Laba (RPH)
UNIC 530 24.2%
LPIN 500 9.09%
EMTK 425 5.14%
Last update: 19 Jan 2017
Efek Pencetak Rugi (RPH)
PLIN -1,210 -24.95%
UNVR -500 -1.22%
BLTZ -300 -3.57%
Last update: 19 Jan 2017
Volume Terbesar
MYRX 1,226,525,824
BUMI 666,299,712
BIPI 636,601,728
Last update: 19 Jan 2017
Transaksi Tertinggi
BUMI 283,225,732,200
TLKM 211,356,583,000
BMRI 201,033,695,000
Last update: 19 Jan 2017
Efek Teraktif
GZCO 12,708 Freq
ISSP 8,141 Freq
BIPI 7,973 Freq
Last update: 19 Jan 2017
Kurs Valuta Asing
Mata Uang Beli Jual
USD 13,315.00 13,449.00
SGD 9,345.17 9,444.52
JPY 11,606.52 11,724.35
MYR 2,992.81 3,025.65
CNY 1,938.33 1,957.84
THB 376.56 380.45
HKD 1,716.29 1,733.61
EUR 14,215.09 14,362.19
AUD 10,082.12 10,190.31
GBP 16,446.69 16,613.55
Last update: 20 Jan 2017 11:05 WIB
Interaktif Bisnis
Rabu, 11 Jan 2017 07:55 WIB - http://mdn.biz.id/n/277685/ - Dibaca: 75 kali
Astaga, Kata Petani, Tengkulak Penentu Harga Cabai
Kementerian Pertanian meminta petani tak terpengaruh harga cabai, khususnya cabai rawit merah, yang sedang melonjak.Namun bagi petani, mereka tak terlibat menentukan harga cabai. "Petani nggak bisa, tengkulaknya itu (yang menentukan)," ungkap Yudi.
Yudi adalah petani cabai di Desa Pakurejo, Dusun Kuwon, Kecamatan Hulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, di Temanggung.

Petani lainnya bernama Nugroho mengatakan hal yang sama dan menyebutkan petani tidak dapat menentukan atau menaikkan harga dari produksi cabai miliknya.
"Petani enggak bisa (tentukan harga), tergantung pengepul atau tengkulaknya," ungkap Nugroho.

Mereka bilang selama ini yang menentukan harga adalah pengepul atau tengkulak.Para petani hanya dapat menerima harga yang telah ditentukan.

Kok bisa begini ya? Berarti ini sudah bertahun-tahun terjadi. Bisakah para tengkulak itu diproses hukum? Terimakasih.

Komentar Facebook:

Yang salah pemerintah yang enggak bisa menentukan harga minimal cabai.
NaNo

Sudahlah, tanam sendiri aja cabainya

Sutriono Syarif Hidayah

Yang miskin makin miskin yang kaya tambah kaya

MirZan Ali

Tengkulak e podo tersenyum..kita hanya bsa pasrah.

RadEn MaHa DEwa Cimot

Semoga cepat diproses dan cepat terdengar ke telinga pemerintah

Daffa Tani Deso

Apa itu arti tengkulak? Kox seenaknya saja mengkotak-katik harga cabai rawit

Nurussoe Bangkit Nasutionz

Baru tau ta, 10 tahun lalu sampai sekarang memang gitu, tengkulak yang nentuin harga cabai

Kakuq Esa

Apa pemerintah tidak bisa menentukkan harga minimal dan maksimal untuk petani biar petani tambah semangat

Muhammad Adil

Meskipun diduga tengkulak yang bermain naikkan harga tetapi harga cabai di tingkat petani juga ikut naik. Lumayan loh

Parada Sitorus

Kasihan petani, harga cabai di pasaran ratusan ribu rupiah, tetapi petani menjualnya Rp30 ribuan.Tengkulak memang tampulak

Evendy Marbun

Itu sudah seperti tradisi kita sebagai petani menjual pada tengkulak. orang itulah yang menentukan harga cabai, bukan kami petani ini
Taruna Ashab

Kita sebagai petani harus sepakat punya marwa. Saatnya petani bangkit tidak terus terjepit tiap hari melawan panas yg mencekit tpi kemudian harus terjepit. Para petani sebenarnya punya wibawa dan berderajat mulya karena tanpa petani mereka tdk akan bisa makan

Ali Mansur Nosution

Memang pada kenyataannya seperti itu. tekadang petani tidak berdaya dengan harga rendah sekali pun karena tidak dapat memasarkan hasil tani nya.. mau g mau harus terima harga dari pengepul! pengepulnya pun hanya mampu menjual k tangkulak yg itu2 aja! jd harga yg menetukan adalah tengkulak

Cery Kusnadi

Harga cabe. Naik yang untung bukan petani cabe. Harga daging naik yang untung bukan peternak sapi? Presiden pernah menyatakan akan menurunkan harga daging sapi menjadi Rp. 80. 000/ kg. Dan ternyata hal itu tidak bisa terealisasi. Lantas siapakah penentu harga di Negara ini kalau Presiden pun tidak mampu?

Taha Berutu

Kalau itu udah dari dulu begitu, tidak pernah ada petani dalam menentukan harga komoditi pertanian. Seharusnya saat harga naik petani akan senang, namun kenyataan berbeda. Karena saat harga tinggi di pasar, di tingkat petani hanya di kisaran 50% dari harga pasar. Contoh salah satunya di daerah pakpak bharat.

Imron Banurea

Black Berry Messenger:

Berapa harga cabei merah?
Mauliza

Ini udah permainan oknum! Sudah main mata mereka makanya harga tiba-tiba melonjak sangat tinggi dan pasti membebani masyarakat kecil.

Rudi Wanranto

Saya setuju klw memang karna tengkulak itu yang membuat harga cabai meningkat hargaya,agar para petani dapat menentukan harga cabai yang normal.sehingga masyarakat dpt leluasa membeli kebutuhan pokok dengan baik.
Yanti Borjun PRS

Harus berikan sanksi pada tengkulak yang menaikan harga terlalu tinggi. Harapan saya dari dulu memang seperti itu, seharusnya para tengkulak itu diproses hukum atau diberikan sanksi. Tolong dong kepada pemerintah yang bersangkutan dalam hal ini agar lebih bijak dan tegas menyikapinya. Agar masyarakat tidak merasa tercekik lehernya, khususnya mereka yang menengah ke bawah. Kasihan juga para petani sudah berpelu keringat dan untungnya malah tidak seberapa...

Tina


Ini artinya instansi pemerintah terkait kalah dari tengkulak. Atau mengetahui hal ini,namun tidak berdaya atau tidak mau tau?Bukannya harusnya negara yang berperan aktif dalam jalur distribusi mulai dari lumbung hingga ke tangan para agen? Dan saya tidak paham (tidak masuk akal saya) kalau hal ini sampai tidak terdeteksi.Belum lagi saat hasil panen sampai ditangan para pelaku monopoli sembako.ini yang membuat harga hasil pertanian menjadi sangat mahal.Pertanyaan berikutnya,kalau praktek ini sudah diketahui, apa, bagaimana,siapa pelakunya,siapa yang membeking, mau sampai kapan baru bertindak?

Herman

Kalau menurut saya kita tidak bisa menyalahkan pengepul atau petani juga,, ini sudah proses jual beli antara sipengepul dan sipenjual..mereka sudah deal dgn harga yang ditawarkan, selama ini sudah sepakat dengan ketentuan mereka masing2,, tapi karena dalam hal ini si petani merasa dirugikan selama bertahun2 bahkan puluhan tahun maka tugas Pemerintah daerah dan pemerintah pusatlah yg menengahi agar keadilan harga yg sesuai antara penjual dan pengepul Gan.. Mgkin selama ini pengepul banyak di untungkan sementara penjual malah lebih banyak dirugikan tapi Ingat bahwa menerima hasil jerih payah org lain dan memberikan upah / harga yg tdk sesuai akan membawa mudarat / ketidak baikan untuk diri sendiri dan keluarga kita..walau banyak untung dan kaya sekalipun.

Esal Iwan

Harus ditindak tegas. Jangan main main dengan harga. Masyarakat indonesia sudah muak dengan permainan harga seperti ini, belum lagi ada indikasi mafia pasar, mafia impor, dan mafia pengatur stock barang. Sudah seharusnya menteri perdagangan dan menteri pertanian melakukan evaluasi harga bahan pokok maupun harga cabai. Jangan hanya bicara "kita tidak impor lagi, tapi harga babak belur dipermainkan oleh segelintir penguasa pasar." Sudah saatnya sistem perdagangan kita mengunakan indikator yang terpercaya dimana masyarakat bisa mengetahui berapa harga cabai siap panen, harga tengkulak, harga distributor atau penyalur dan sampai ke harga dipasar. Sangat membantu bila informasi tentang perdagangan ini bisa dibuka ke publik. Dan tentunya seluruh masyarakat akan sangat mengapresiasi kinerja menteri tersebut, dari pada duduk di ibukota jakarta saja.

Dody Lukas
Iklan Baris Gratis Dilihat lebih dari 15,000 visitor setiap harinya Pasang
Informasi pemasangan barrier gate, jual barrier gate dan Barrier Gate Otomatis, hubungi NICE Automatic Gate sekarang juga! Terima kasih!
BERITA TERKAIT
KIRIM KOMENTAR
Silakan login terlebih dahulu untuk bisa memberikan komentar atau
klik daftar untuk menjadi member MedanBisnisDaily.com
KOMENTAR ANDA
Tidak ada komentar pada berita ini!