POLITIK

Golkar Sumut Retak Pasca Musda 

Medanbisnisdaily.com-Medan. Wakil Sekretaris DPD I Golkar Sumut demisioner, Zulkhairi Pahlawan menyebut internal DPD I Golkar Sumut retak pasca terselenggaranya Musyawarah Daerah (Musda). Menurutnya, Musda menjadi tidak sah tatkala Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Aziz Syamsuddin, berkomentar bahwa Musda tersebut cacat hukum karena dibuka tanpa persetujuan DPP Golkar.

“Yang diberi mandat oleh DPP Golkar terkait Musda Golkar Sumut itu Aziz Syamsuddin melalui rapat terbatas pimpinan DPP. Maka secara hukum, tidak sah lah Musda kemarin tersebut karena dibuka dengan cara ilegal dan legalstanding yang tidak jelas,” katanya, di Medan, Rabu (26/2/2020).

Saat ditanya apakah pendapat ini adalah bukti ada keretakan dalam tubuh Golkar Sumut? Zulkhairi mengatakan bahwa hal ini bukan karena ada keretakan di internal Golkar terkait Musda.

Menurutnya, ini murni dalam rangka meluruskan yang benar dan ketaatan hukum aturan partai. “Bagaimana kita mau menjalankan politik yang baik, jika adab dalam mematuhi aturan organisasi saja kita langgar,” katanya.

BACA JUGA: Doli Kurnia Tepis Isu Musda X Golkar Sumut Tidak Sah

Dalam kesempatan itu, ia memprediksi Partai Golkar di Sumut akan lebih besar jika dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah alias Ijeck.

"Jika ditanya jujur, banyak DPD II Golkar di kabupaten/kota ingin Golkar di Sumut dipimpin oleh Ijeck agar kembali menjadi partai pemenang Pemilu. Apabila pilihannya itu antara Ijeck dan Yasir Ridho, maka siapapun pasti akan menilai bahwa Ijeck lebih berpeluang dalam membesarkan Golkar," jelasnya.

“Ini bukan karena beliau saat ini wakil gubernur, bukan. Tapi semua orang tau bagaimana karakter dan kesungguhan Ijeck dalam membesarkan organisasi, totalitas beliau dalam menjalankan organisasi, dan rasa berkorban beliau demi membesarkan organisasi,” katany lagi.

Musda Partai Golkar Sumut yang digelar Senin (24/2/2020), memilih secara aklamasi Yasir Ridho Lubis sebagai ketua. Pasalnya, Wakil Ketua DPRD Sumut itu menjadi calon tunggal. Musda dibuka Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang juga menjabat Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Berita Terkait