Minggu, 01 Sep 2019 07:09 WIB  •  Dilihat 378 kali  •  http://www.mdn.biz.id/o/85228/
Lele Spesies Baru Sungai Mahakam, Temuan Ilmuwan LIPI sebelum Wafat
Medanbisnisdaily.com-Jakarta. Penemuan lele spesies baru di Kutai Kartanegara adalah hasil kerja kolaborasi para peneliti, salah satunya adalah ilmuwan LIPI Renny Kurnia Hadiaty. Lele spesies baru itu juga merupakan temuan Renny sebelum berpulang ke Tuhan Yang Maha Esa.

"Yang menemukan sudah meninggal. Itu adalah tulisan beliau yang terakhir. Beliau meninggal akhir Januari," kata staf Renny, Ilham Vemandra Utama, Minggu (1/9/2019).

Ilham menjelaskan, Renny yang merupakan peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI itu meninggal dunia pada akhir Januari 2019 karena penyakit kanker. Selanjutnya, hasil penelitian dari Sungai Mahakam itu dilanjutkan oleh kelompok ilmuwan yang bekerja dalam riset ini.

Sebagaimana dilansir dari keterangan pers LIPI, lele spesies baru itu adalah Leiocassis rudicula, ditemukan di hulu Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penemuan ini merupakan kolaborasi penelitian mendiang Renny dan Ng Heok Hee dari Lee Kong Chian Natural History Museum, Singapura.

"Mendiang Renny Kurnia Hadiaty terus berkarya dan mengabdi hingga akhir hayatnya, beliau menemukan spesies baru ini sebelum beliau berpulang dan setelah kepulangannya penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa Vol 4641 pada 2 Agustus 2019," demikian keterangan pers yang disampaikan Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI.

Mendiang Renny Kurnia Hadiaty lahir di Malang, 21 Agustus 1960. Dia menempuh pendidikan di Universitas Jenderal Soedirman Jurusan Biologi (1985). Pendidikannya berlanjut ke University of The Ryukyus Okinawa Prefecture Jepang

Lele temuan Renny dan para peneliti Singapura itu dinamakan Leiocassis rudicula karena kepala ikan ini berbentuk cekungan mirip sendok kayu. Nama 'rudicula' berarti sendok kayu dalam Bahasa Latin. Seluruh bagian tubuh berwarna kuning kecokelatan, berukuran 43.8-118 mm, bagian kepala dan badan terkompresi, bagian punggung hampir merata, dan adanya cekungan di atas mata.

Leiocassis rudicula ini merupakan jenis ikan lele-lelean anggota ketujuh genus Leiocassis dari family Bagridae. Habitatnya hidup di sungai berarus deras dan jernih dengan substrat pasir atau kerikil.(dtc)

Editor
HISAR HASIBUAN
Sumber: AirVisual.com
Reaksi Anda
Senang
13.83%
Bangga
13.54%
Lucu
14.99%
Terkejut
14.12%
Sedih
13.83%
Takut
15.27%
Marah
14.41%
 
Berita Terkait
Fokus Berita
Komentar Anda