Jajaran manajemen QRIM berfoto bersama para pelaku UKM.
(hisar hasibuan)
Senin, 09 Des 2019 21:49 WIB  •  Dilihat 248 kali  •  http://www.mdn.biz.id/o/95145/
Peluang Bisnis Logistik di Indonesia Masih Terbuka Lebar
Medanbisnisdaily.com-Medan. Peluang masyarakat untuk terjun ke bisnis logistik, khususnya jasa pengiriman barang, di Indonesia masih terbuka lebar. Hal ini didukung dengan luasnya wilayah Indonesia serta jumlah penduduk yang cukup besar.

PR & Marketing Manager QRIM Express, perusahaan penyedia jasa logistik, Ribka Pratiwi, mengakui bahwa saat ini banyak pelaku usaha yang terjun ke bisnis logistik. "Namun peluang bisnis di bidang ini masih sangat terbuka. Indonesia dikenal memiliki wilayah yang sangat luas serta jumlah penduduk yang besar. Sehingga memerlukan penyedia jasa logistik atau pengiriman barang yang mampu menjangkau daerah-daerah di seluruh Indonesia. Mulai dari Sabang sampai Merauke, "jelasnya kepada wartawan disela-sela Quliah QRIM yang diikuti pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Medan, Senin (9/12/2019).

Ribka mengatakan, kunci agar dapat berkompetisi dalam bisnis ini adalah mampu memberikan layanan terbaik bagi konsumen. "Konsumen ingin barang yang mereka terima tetap dalam kondisi baik dan waktu pengiriman juga harus tepat," ujarnya.

QRIM Express sendiri telah hadir di 26 provinsi, 172 kabupaten/kota dan lebih dari 2.500 kecamatan. Hingga saat ini, perusahaan tersebut terus berekspansi, khususnya dalam memperluas jaringan dengan cara menjalin pola kemitraan.

Chief Executive Officer QRIM Express, Eugene Kastanja, menjelaskan, saat ini pihaknya memiliki tiga pola kemitraan, yakni Independent, Sub business dan yang terbaru Sobat UKM. "Kita menggelar Quliah QRIM sebagai bentuk edukasi kepada UKM. Kegiatan ini kita lakukan di 7 kota, yakni Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya melakukan edukasi seputar dunia logistik, dan memperkenalkan program kemitraan Sobat UKM. Melalui program kemitraan ini, pihaknya berharap dapat mendorong UKM terutama dalam hal pengiriman produk mereka lebih baik ke konsumen.

Sobat UKM merupakan program bagi pemilik usaha online yang ingin bergabung menjadi mitra dalam mengirimkan barang mereka ke customer lebih mudah dan cepat.

"Perbedaan dengan dua kemitraan yang sebelumnya adalah Sobat UKM ini tanpa mengharuskan pemilik UKM membuka gerai QRIM Express di lokasi mereka. Namun seluruh layanan akan tetap kami berikan seperti jenis kemitraan lain seperti gratis pick up dan komisi sampai dengan 15% bagi pemilik UKM yang ingin bergabung," jelasnya.

Ribka Pratiwi menambahkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi yang ingin bergabung. Namun yang pasti, pihaknya tidak memungut biaya.

Eugene berharap, kegiatan Quliah QRIM yang diadakan dapat menjadi jembatan untuk memperkenalkan Sobat UKM. “Medan merupakan pasar yang strategis bagi kami karena kota ini memiliki banyak UKM yang kami harapkan dapat bergabung. Kami berharap bisa mengembangkan bisnis kami di Sumatra Utara," ujarnya.

Reporter
HISAR HASIBUAN
Editor
HISAR HASIBUAN
Sumber: AirVisual.com
Reaksi Anda
Senang
17.01%
Bangga
12.89%
Lucu
16.49%
Terkejut
11.86%
Sedih
11.86%
Takut
16.49%
Marah
13.40%
 
Berita Terkait
Sabtu, 07 Sep 2019 13:54 WIB
Fokus Berita
Komentar Anda