Senin, 25 Mar 2019 11:24 WIB  •  Dibaca: 945 kali
Merasakan Kehidupan Laut di Aquaria KLCC
Di tengah kesibukan Kuala Lumpur, ada satu tempat untuk lari ke dunia lain yang berbeda. Itukah Aquaria, akuarium raksasa yang dihuni ribuan ikan dan hewan air lainnya.
Pekan lalu, setelah puas berkeliling di Surya,  pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), kakipun melangkah menuju sebuah lorong panjang yang menghubungkan atrium Twin Tower Petronas KLCC ke Concourse Level dimana  lokasi Aquaria berada.

Aquaria KLCC adalah sebuah akuarium raksasa yang memamerkan lebih dari 5.000 hewan air dan darat yang didatangkan dari perairan tropis wilayah Asia bahkan dari kawasan Amazon Amerika dan  tropis dunia lainnya.

Destinasi ini merupakan salah satu favorit wisatawan yang berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia. Terbukti pagi jelang siang itu mulai ramai pengunjung walaupun hari Senin. Ada serombongan anak-anak sekolah SD berkunjung dibawa guru-gurunya. 

Mengunjungi  Aquaria KLCC, kita dibawa merasakan dan memahami bagaimana kehidupan air di dalam lautan tanpa harus berbasah-basah.  Pun mengetahui perilaku unik satwa  dan merayap di atas air. Semuanya dieskplor dalam perjalanan selama sekitar 30 menit hingga pintu keluar Aquaria.

Pertama-tama, pengunjung disambut sebuah kolam kecil di sisi kiri Kolam Sentuh.  Di dalamnya banyak hewan laut seperti ikan hiu bambu dan bintang laut . Asyiknya, pengunjung diizinkan memasukkan tangannya ke dalam air. Tak lama petugas memulai atraksi memberikan makanan kepada hewan laut.

Lepas dari situ, petualangan di Aquaria semakin mengasyikkan dimana di kiri kanan terdapat akuarium kecil dan tabung berisikan hewan air. Keseruan mulai terasa ketika memasuki  terowongan Oceanorium sepanjang 90 meter dengan travelator di bawahnya yang membawa kita jalan tanpa perlu melangkah. 

Seolah berada di dalam air, mulai dari sisi kiri atas hingga kanan ikan-ikan dan hewan laut bersileweran. Jenis, bentuk, ukuran dan warnanya pun bermacam-macam.  Ada ikan Gembung ukuran raksasa yang belm pernah dilihat, Hiu Macan Pasir yang seram, ikan Pari  ukuran besar sekali, Penyu laut dan hewan laut lain yang tak terhitung banyaknya, berenang tanpa hambatan.

Selain menikmati kehidupan di dalam laut, pengunjung juga bisa melihat langsung aktivitas dan atraksi petugas memberi makan hewan hewan air tersebut. Menurut Hairi Ahmad, Sales Executive Aquaria yang berada di lokasi, jadwal memberi  makan ini berbeda-beda. Selain ikan Pari, juga ada jadwal memberi makan ikan Hiu serta Kepiting.

Atraksi ini menjadi tontonan menarik bagi pengunjung..

Untuk menarik perhatian anak-anak dan pengunjung, atraksi memberi makan pari itu diwarnai dengan candaan si petugas mempermainkan ikan yang akan disuapi.
Hairie Ahmad  menyebutkan,  anak-anak sekolah mendapatkan edukasi tentang kehidupan laut sehingga secara berkala sekolah membawa rombongan muridnya kemari. 

Salah satu spot yang menarik dan menjadi latar belakang selfie pengunjung adalah tabung ikan Piranha yang unik karena berbentuk kapsul. Spot lain yang mendebarkan adalah kolam ikan Hiu di bawah kita melangkah.

'Aquaria juga memamerkan koleksi hewan laut yang langka seperti Ubur-Ubur dan juga Kuda Laut,. Lokasinya berada di ruang berbeda-beda.

Nah, bagi Anda yang belum pernah melihat seperti apa Tokek liar yang harganya mencapai miliaran rupiah, boleh datang ke Aquaria KLCC ini.

Saya beruntung bisa melihatnya dari dekat. Di salah satu bagian ruangan Aquaria, ikut juga dipamerkan beberapaTokek liar. Semuanya dalam kondisi hidup.
Puas menyusuri Aquaria sepanjang 90 meter, pengunjung akhirnya berada di ruangan cinderamata. Ada banyak oleh-oleh khas Aquaria untuk dijadikan kenang-kenangan dijual. Yang murah seperti gantungan kunci dan tempelan kulkas.

 Bagi yang ingin memiliki foto bagus, bisa mendapatkannya dengan menukar kupon foto yang diberikan fotografer Aquaria dengan membayar sejumlah uang. Jika Anda tidak tertarik boleh abaikan saja karena tidak wajib menebus foto-foto tersebut. (diurnanta qelanaputra)
 
Berita Ekonomi Lainnya
Jumat, 29 Mar 2019 10:53 WIB
Jumat, 29 Mar 2019 10:52 WIB
Rabu, 27 Mar 2019 10:32 WIB
Selasa, 26 Mar 2019 10:24 WIB
Selasa, 26 Mar 2019 10:24 WIB
Selasa, 26 Mar 2019 10:23 WIB