User ID Password  
Home   |   Tentang Kami   |   Pasang Iklan   |   Index Berita   |   Iklan Baris Gratis   |   Hubungi Kami Daftar Menjadi Member   |   Login
Membangun Indonesia yang Lebih Baik
 
 
Berita Terkini Hari Ini
E-paper
Foto Berita
Kurs Valuta Asing
Mata Uang Beli Jual
USD 12,180.00 12,200.00
SGD 9,349.80 9,381.15
JPY 102.82 103.43
MYR 3,617.31 3,655.91
CNY 1,976.60 1,990.00
THB 369.68 373.63
HKD 1,570.60 1,574.15
EUR 15,159.25 15,209.75
AUD 10,359.15 10,401.85
GBP 19,129.95 19,187.05
Last update: 28 Nov 2014 09:00 WIB
Daerah
Rabu, 16 Jan 2013 09:26 WIB - http://mdn.biz.id/n/7492/ - Dibaca: 564 kali
Ephorus HKBP Dapat Diberhentikan
KULIAH UMUM Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata MA saat memberikan kuliah umum di STT HKBP, Pematangsiantar, Selasa (15/1). (medanbisnis/jannes silaban)
MedanBisnis - Siantar. Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA menegaskan, seharusnya Ephorus dapat diberhentikan di tengah jalan sebelum masa jabatannya berakhir, jika Ephorus tidak dapat menjalankan amanah yang diembankan. Penegasan itu disampaikan Pdt WTP Simarmata saat menyampaikan kuliah umum di STT HKBP, Pematangsiantar, Selasa (15/1). `
Dikatakannya, dalam melaksanakan tugasnya Ephorus HKBP juga harus diawasi.

"Untuk itu, gereja sebesar HKBP sudah harus memiliki Majelis Pusat untuk mengawasi kinerja Ephorus," katanya. WTP Simarmata menjelaskan, dalam menjalankan kepemimpinan di HKBP, pihaknya menetapkan visi HKBP yakni menjadi gereja yang menjadi sumber berkat. Visi ini dilakukan dengan tiga misi yakni pembaharuan, perdamaian dan pemberdayaan.

Dikatakan, pembaharuan yang dimaksud adalah pembaharuan pelayanan yang dilaksanakan seluruh pelayan HKBP.

Karena itu, pembaharuan harus dimulai dengan mengamandemen bahkan mengganti Aturan dan Peraturan (AP) yang dianggap tidak sesuai lagi dengan tuntutan pelayanan.
Misalnya, kata dia, dalam AP HKBP disebut tugas praeses, pendeta resort dan guru jemaat adalah memimpin (manguluhon).

Idealnya, tugas para pelayan adalah menggembalakan (marmahani), jadi menyangkut tugas para pelayan itu harus diamandemen pada AP HKBP.
Selanjutnya, menyangkut misi perdamaian, Pdt Simarmata menyebutkan HKBP terlebih dahulu harus berdamai dengan dirinya baru kemudian berdamai dengan sekitarnya.

Dicontohkannya, dalam Sinode Agung (SA) HKBP yang berlangsung September 2012, masih ada pelayan yang mengarahkan pemikiran mengingat-ingat masa krisis HKBP. Dikatakannya, seluruh pelayan HKBP, agar menjadi berkat harus melupakan krisis perpecahan di HKBP di masa lalu dan jangan mewariskannya kepada generasi muda.

"Dalam pertemuan dengan para praeses HKBP, saya sudah himbau agar praeses menjadi orang pertama yang mengajak semua pihak melupakan krisis tersebut. Jika tidak, berarti praesesnya gagal. Tidak ada lagi pendeta HKBP A atau pendeta HKBP B; yang ada adalah pendeta HKBP," tegasnya. Pada penempatan pelayanan, lanjut Pdt Simarmata, akan melihat track record pelayan.

Jadi, katanya, para pelayan seperti pendeta tidak perlu mendatangi ephorus untuk meminta tempat pelayanan. Dikatakannya, selama ini ada fenomena bahwa pimpinan pusat HKBP hanya kompak saat mengawali jabatan namun saat mengakhiri jabatan terkesan sudah pecah.

Pdt WTP Simarmata mengatakan, pimpinan pusat sekarang yakni ephorus, sekjend dan tiga kepala departemen sudah berkomitmen dan berdoa akan senantiasa kompak hingga masa akhir jabatan.

Khusus menyangkut pemberdayaan, katanya, pihaknya memprioritaskan pelayanan nonspritualitas warga HKBP. Diceritakannya, ephorus pertama HKBP, Pdt Dr IL Nommensen, selain memenuhi kebutuhan religiusitas orang Batak juga berupaya mensejahterakan masyarakat berupa pendirian sekolah dan pengusahaan pengobatan.

Karena itu, katanya, HKBP dewasa ini harus peduli dengan kemakmuran warga gerejanya. Katanya, pemberdayaan ekonomi warga gereja menjadi prioritas berupa pendirian credit union (CU) yang dikelola gereja HKBP.

Dengan demikian, lanjutnya, ke depan HKBP bisa berdaya dan berkualitas. "Sehingga, HKBP tidak perlu meminta jatah jabatan kabinet kepada presiden. HKBP bertugas mengumpulkan dan menciptakan potensi. Pasti akan ada tawaran menteri," katanya.(jannes silaban)
Iklan Baris Gratis Dilihat lebih dari 15,000 visitor setiap harinya Pasang
BERITA TERKAIT
KIRIM KOMENTAR
Silakan login terlebih dahulu untuk bisa memberikan komentar atau
klik daftar untuk menjadi member MedanBisnisDaily.com
KOMENTAR ANDA
Tidak ada komentar pada berita ini!
Partisipasi Menggunakan Facebook